Jumat, 11 Februari 2011

Rangkuman Materi Olimpiade SAINS

Materi : Pertumbuhan Perkembangan Mahluk Hidup

Pertumbuhan adalah proses pertambahan ukuran atau volume mahluk hidup karena adanya penambahan bahan dasar yang bersifat irreversible (tidak dapat kembali). Penambahan ukuran atau volume mahluk hidup ini akibat pertambahan jumlah sel dan pertambahan ukuran sel itu sendiri. Pertumbuhan pada mahluk hidup ditandai dengan pertambahan tinggi, luas dan berat.

Perkembanan adalah proses menuju tercapainya kedewasaan. Kedewasaan suatu individu dicirikan dengan telah berfungsinya alat-alat reproduksi yang dimilikinya. Perkembangan tidak dapat dinyatakan dengan ukuran tinggi, luas dan berat.

Pertumbuhan Pada Tumbuhan

Tumbuhan bertambah panjang atau tinggi melalui titik tumbuh ujuang batang (tunas), ujung akar, dan membesar pada kambium.
Pertumbuhan tanaman sangat bergantung dari syarat-syarat penunjang pertumbuhan tanaman seperti :

1. CO2 dan air
CO2 dan air merupakan bahan baku dalam proses fotosintesis untuk menghasilkan makanan sebagai sumber energi bagi tanaman.

2. Cahaya
Cahaya mutlak dibutuhkan tanaman untuk dapat melakukan fotosintesis. kekurangan cahaya akan menyebabkan pertumbuhan tanmaan jadi tidak seimbang seperti peningkatan kadar auksin pada batang tanaman sehingga batang tanaman menjadi lebih panjang dan ukuran normal.

3. Suhu
Suhu yang terlalu tinggi dan terlalu rendah akan mempengaruhi metabolisme tanaman sehingga tanaman tidak dapat tumbuhan dengan sempurna atau bahkan bisa mengakibatkan kematian, suhu yang ideal untuk tanaman pada umumnya adalah
:
100 – 380 C

4. Mineral
Mineral atau biasa dikenal dengan nama unsur hara diperlukan bagi tanaman sebagai bahan rangsangan bagi pertumbuhan tanaman., mineral ini didapatkan tanaman dari tempat tumbuhannya (tanah), mineral juga dapat ditambahkan dalam bentuk pupuk.

5. Habitat
Habitat sebagai tempat tumbuh tanmaan sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman jika habitat yang ditempati tidak seimbang maka pertumbuhan tanamanakan terganggu.

Lebih lengkapnya silahkan doawnload disini.

Koleksi : Mr. BAMBOS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar